MY INSPIRATION


TAN MALAKA

Tan Malaka adalah sosok yang paling berjasa bagi kemerdekaan Indonesia. Dialah pencetus pertama berdirinya Indonesia sebagaimana yang dituliskan dalam bukunya yang berjudul Naar de Republiek Indonesia 1925. Ide Tan Malaka ini muncul dari situasi kehidupan bangsa Indonesia yang pada waktu itu mengalami penindasan dari pemerintah Belanda, terintimewa ketidakadilan kaum buruh di tanah kelahirannya. Berangkat dari situasi kehidupan inilah, ia mulai mendirikan sekolah bagi para kaum buruh. Tujuan dari sekolah ini adalah mengajarkan ilmu hitung, bertani, beternak serta membuka wawasan bagi para kaum buruh bahwa tanah kelahirannya dikuasai, ditindas, dirampas hak – haknya serta terus membiarkan mereka hidup dalam kebodohan akan segala hal.
Akan tetapi, perjuangan Tan Malaka dalam mendirikan sekolah ini, tidaklah mudah. mengapa? Karena ia harus berhadapan dengan kaum borjuis atau penguasa Belanda yang sewaktu – waktu bisa membubarkan sekolah tersebut. Di samping itu juga, ia mengalami kesulitan secara finansial. Namun ia tidak pernah kehabisan ide untuk mengembangkan sekolah yang baru saja dirintisnya itu. Di mana ia bekerja sama dengan para kyia dalam organisasi Serikat Islam pada waktu itu. Tujuan dari kerja sama ini ialah terus mengembangkan sekolah kaum buruh yang sudah mendapatkan banyak simpatisan dari masyarakat Indonesia pada waktu itu. Selain itu juga, ia mencari dukungan dari tokoh – tokoh komunis termasyur pada waktu itu. Misalnya Lenin (revolusi Rusia), Sun Yat Sen (pendiri negara komunis Cina) serta masih banyak tokoh – tokoh komunis lainnya. Selain itu juga, ia pernah menjabat sebagai salah satu pemimpin PKI. Di sinilah semangat untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia semakin berpengaruh. Ha inilah yang mendorong pemerintah Belanda untuk menangkap serta memenjarakannya dari penjara yang satu ke penjara yang lainnya. Karena cara kepemimpinannya dianggap oleh Belanda sebagai ancaman yang sangat serius dari kaum pribumi.
Singkat kata, Tan Malaka telah membuka pintu kemerdekaan bagi bangsa Indonesia melalui jalur pendidikan dan politik. Namun sejarah ingin menghilangkan namanya dari salah satu tokoh kepahlawanan Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini. Karena sejarah menganggap Tan Malaka sebagai salah satu tokoh komunis yang sangat berbahaya bagi bangsa Indonesia. Padahal pemikirannya yang beraliran kiri itu bertujuan untuk membebaskan bangsa Indonesia dari para penjajah. Namun ia dikhianati oleh sejarah bangsa ini sendiri.

Comments

Popular posts from this blog

PENJARA BAYANGAN

HANYA 8 JAM HIDUP ANDA DIUBAH

BUDAYAKU JATI DIRIKU